Penggunaan Antibiotik pada Kasus Pembedahan

Bagikan Event
Penyelenggara
RSUP Dr. Kariadi Semarang
Lokasi Event
Event Online
Waktu Penyelenggaraan
13 November 2021, 08:00 - 12:00 WIB
SKP Event
SKP IDI
SKP IAI

Deskripsi

Penyakit infeksi di Indonesia masih termasuk dalam sepuluh penyakit terbanyak. Peresepan dan penggunaan antibiotik yang kurang bijak akan meningkatkan kejadian resistensi. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa telah muncul mikroba yang resisten antara lain Methicillin Resistant Staphylococcus aureus (MRSA), resistensi multi obat pada penyakit tuberkulosis (MDR TB), dan lain-lain. Dampak resistensi terhadap antibiotik adalah meningkatnya morbiditas, mortalitas, dan biaya kesehatan.

Penggunaan antibiotik yang tidak perlu atau berlebihan mendorong berkembangnya resistensi dan multipel resisten terhadap bakteri tertentu yang akan menyebar melalui infeksi silang di Rumah Sakit. Terdapat hubungan antara penggunaan (atau kesalahan penggunaan) antibiotik dengan timbulnya resistensi bakteri penyebab infeksi nosokomial. Resistensi tidak dapat dihilangkan, tetapi dapat diperlambat melalui penggunaan antibiotik yang bijak. Hal tersebut membutuhkan kebijakan dan program pengendalian antibiotik yang efektif.

Tim Program Pengendalian Resistensi Antimikroba (PPRA) merupakan kepanitiaan di rumah sakit yang berperan dalam menetapkan kebijakan penggunaan antibiotik, pencegahan dan penyebaran bakteri yang resisten serta pengendalian resistensi bakteri terhadap antibiotik. Tim PPRA juga bertugas untuk mengadakan pelatihan pengendalian resistensi antibiotik. Dalam rangka “Pekan Kesadaran Antimikroba Sedunia” pada 18-24 November 2021, maka Tim PPRA akan mengadakan rangkaian kegiatan guna meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tenaga Kesehatan dan masyarakat tentang resistensi dan penggunaan antimikroba yang bijak.

Kami menanti kehadiran Anda di acara "Penggunaan Antibiotik pada Kasus Pembedahan"!

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

  • dr. Nita (+6287713310522)
  • dr. Naufal Faruq (+6285727444880)
  • Digna Kumalasari, apt. (+6281329395134)
Penggunaan Antibiotik pada Kasus Pembedahan...
Subtotal: Rp 0
Subtotal:
Rp. 0