7 Pilihan Karir Dokter Setelah Lulus yang Bisa Dijadikan Referensi

7 Pilihan Karir Dokter Setelah Lulus yang Bisa Dijadikan Referensi

Mahasiswa yang lulus dari jurusan kedokteran dan sudah menyelesaikan seluruh studi maupun praktiknya biasanya akan memilih karir sebagai dokter. Baik itu dokter umum maupun dokter spesialis yang bekerja di rumah sakit.

Namun selain menjadi dokter di rumah sakit, ternyata ada beragam pilihan karir dokter setelah lulus yang bisa dilirik oleh lulusan jurusan kedokteran. Pilihan karir ini tentu memperluas pilihan kerja para lulusan dari jurusan kedokteran.

Apa saja pilihan karir dokter setelah lulus? Simak berbagai contohnya berikut ini!

Dosen Sampai Peneliti, Inilah 7 Pilihan Karir Dokter Setelah Lulus

Selain pilihan menjadi dokter di rumah sakit, inilah tujuh pilihan karir dokter setelah lulus dari sekolah kedokteran:

1. Dosen

pilihan karir dokter setelah lulus yaitu menjadi dosen

Menjadi dosen atau akademisi bisa menjadi pilihan karir dokter setelah lulus. Bidang studi yang dipilih dapat disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki.

Namun untuk menjadi seorang dosen, tentu ada persyaratan akademis yang harus dipenuhi. Misalnya menempuh pendidikan tinggi hingga jenjang tertentu.

Bagi mahasiswa kedokteran yang ingin menjadi dosen atau akademisi lainnya, bisa juga meniti karir sebagai dosen muda terlebih dahulu, kemudian menempuh pendidikan lanjutan untuk mencapai tingkat selanjutnya.

2. Konsultan Kesehatan

pilihan karir dokter setelah lulus yaitu menjadi konsultan

Profesi sebagai konsultan kesehatan juga bisa menjadi pilihan karir dokter setelah lulus. Sesuai namanya, konsultan kesehatan bertugas untuk memberikan konsultasi terkait masalah kesehatan.

Konsultasi kesehatan ini dapat menyangkut masalah kebugaran tubuh, olahraga yang harus dilakukan, gizi, maupun mengenai gaya hidup dan pola makan.

Untuk bekerja sebagai konsultan kesehatan, seorang lulusan kedokteran bisa bekerja menjadi konsultan kesehatan pribadi maupun bergabung di perusahaan swasta.

3. Penyuluh Kesehatan Masyarakat

pilihan karir dokter setelah lulus yaitu menjadi penyuluh kesehatan masyarakat

Selaun menjadi konsultan kesehatan, pilihan karir dokter setelah lulus lainnya adalah menjadi penyuluh kesehatan masyarakat. Tugas yang dilakukan seorang penyuluh kesehatan masyarakat adalah memberikan pengetahuan kesehatan kepada masyarakat luas.

Pengetahuan kesehatan yang diberikan biasanya berhubungan dengan kesehatan secara umum, atau isu kesehatan yang ada di sekitar masyarakat setempat.

Penyuluh kesehatan masyarakat ini dapat bekerja sama dengan berbagai instansi yang memang mengadakan penyuluhan kesehatan untuk masyarakat. Misalnya dengan puskesmas, instansi kesehatan lain, lulusan program Kesehatan Masyarakat, atau dengan perusahaan-perusahaan.

4. Pegawai Struktural atau Manajerial

Seorang dokter atau lulusan kedokteran yang bekerja di rumah sakit tidak selalu bekerja menangani pasien. Pilihan karir dokter setelah lulus yang juga bisa diambil adalah menjadi pegawai struktural atau manajerial rumah sakit.

Ini artinya, dokter akan bekerja dan menjadi bagian dari structural rumah sakit tempatnya bekerja. Dokter pegawai struktural atau manajerial akan bekerja sebagai penanggung jawab pengelolaan rumah sakit.

Karena bekerja sebagai penanggung jawab rumah sakit, maka dokter tidak akan menangani pasien, seperti melakukan pemeriksaan, melakukan tindakan operasi, atau memberikan resep.

5. Penulis Buku

pilihan karir dokter setelah lulus yaitu menjadi penulis buku

Bagi lulusan kedokteran yang tertarik dengan dunia penulisan, maka menjadi penulis buku bisa menjadi pilihan karir dokter setelah lulus. Buku yang dituliskan juga temanya bisa beragam.

Mulai dari buku-buku ilmiah yang berhubungan dengan kedokteran, novel yang mengangkat tema kedokteran, hingga buku anak-anak yang berhubungan dengan kesehatan.

Selain menuangkan hasil tulisan pada buku, lulusan kedokteran juga bisa membuat blog pribadi yang berkaitan dengan kesehatan untuk menuangkan minat dan bakat menulis yang dimiliki.

Hal ini juga bisa menjadi cara mudah untuk mengedukasi pembaca mengenai kesehatan yang diperlukan. Buku yang ditulis oleh dokter atau lulusan kedokteran juga akan berlandaskan pada keilmuan yang bisa dibuktikan.

6. Influencer

Seiring dengan berkembangnya penggunaan berbagai platform sosial media, maka menjadi seorang influencer adalah salah satu profesi yang dilirik oleh berbagai kalangan.

Siapa saja bahkan bisa menjadi seorang influencer di bidangnya masing-masing. Seperti influencer di bidang kecantikan, bidang skincare atau kesehatan kulit, bidang fashion, bidang makanan, dan berbagai bidang lainnya.

Maka dari itu, seorang dokter juga bisa menjadi seorang influencer di bidang kesehatan. Hal ini tentu bisa menjadi pilihan karir dokter setelah lulus.

Jika dilihat, saat ini sudah banyak dokter yang menjadi influencer kesehatan yang dapat dilihat di berbagai platform media sosial. Apa saja yang dilakukan oleh dokter saat menjadi influencer kesehatan?

Dokter yang memilih menjadi influencer kesehatan bisa membuat berbagai post mengenai kesehatan yang dapat mengedukasi masyarakat atau followers yang dimilikinya.

Selain itu, influencer kesehatan juga dapat melakukan endorse atau bekerja sama dengan berbagai brand yang berhubungan dengan kesehatan. Misalnya seperti obat yang dapat dibeli secara bebas, vitamin, perawatan kulit, dan brand lainnya.

Sama seperti pilihan karir dokter lainnya, dokter yang menjadi seorang influencer juga memiliki tanggung jawab yang besar mengenai informasi yang diberikan lewat profesinya.

Maka dari itu, dokter yang memilih jenjang karir ini harus memastikan bahwa informasi yang diberikannya tepat dan terbukti secara ilmiah.

7. Peneliti

pilihan karir dokter setelah lulus yaitu menjadi peneliti

Pilihan karir dokter setelah lulus lainnya adalah menjadi seorang peneliti. Dengan basic ilmu kesehatan yang dimilikinya, seorang dokter bisa menjadi peneliti yang melakukan riset dan pengembangan.

Sebagai peneliti, dokter bisa bekerja di rumah sakit, atau lembaga riset dan penelitian lainnya untuk melakukan berbagai penelitian, eksperimen, maupun pengembangan ilmu pengetahuan baru.

Salah satu pengembangan ilmu pengetahuan yang dihasilkan dari riset dan penelitian adalah terciptanya vaksin COVID-19 yang sudah didapatkan oleh hampir setiap orang. Hal ini tentu berguna untuk menekan risiko penularan dan keparahan dampak tertular COVID-19 pada setiap orang.

Dengan ilmu kedokteran yang dimiliki oleh dokter sebagai peneliti, maka ilmu tadi tentu penting untuk pengembangan ilmu pengetahuan, obat baru, hingga penanganan suatu wabah atau penyakit.

Itulah tujuh pilihan karir dokter setelah lulus yang bisa dipilih, selain bekerja sebagai dokter di rumah sakit. Daftar ini bisa menjadi pilihan bagimu yang ingin berkarir di bidang kesehatan dan mengaplikasikan ilmu yang sudah didapatkan, namun menjalani profesi selain dokter.