8 Tips Menjadi Longlife Learner, Mulai Lakukan dari Hal Paling Kecil

tips menjadi longlife learner

Manusia adalah makhluk yang dinamis, ini artinya manusia akan terus berkembang sepanjang hidupnya. Perkembangan manusia yang terus terjadi ini juga membuat manusia akan terus belajar selama masa hidupnya.

Proses pembelajaran seumur hidup ini disebut sebagai longlife learning, sehingga manusia adalah seorang longlife learner. Menjadi seorang longlife learner ternyata memberikan banyak manfaat untuk kita sebagai manusia.

Lalu, bagaimana untuk bisa menjadi seorang longlife learner? Ini dia beberapa tips menjadi seorang longlife learner.

Apa Itu Longlife Learning?

Sebelumnya, sudah dijelaskan bahwa longlife learning adalah proses pembelajaran sepanjang hidup manusia. Apakah ini artinya seseorang harus selalu berada di bangku sekolah untuk menjadi seorang longlife learner?

Ternyata, longlife learning ini berbeda dengan pembelajaran formal yang dilakukan di sekolah. Bersumber dari Reed, longlife learning adalah istilah yang digunakan untuk pembelajaran yang dilakukan di luar sekolah.

Longlife larning sifatnya adalah sukarela, tidak wajib, dan untuk memotivasi diri sendiri. Tujuan dari longlife learning ini adalah untuk meningkatkan maupun mengembangkan diri pribadi atau kerja profesional.

Karena menjadi seorang longlife learner tidak dilakukan melalui pendidikan formal melalui sekolah, ini artinya longlife learning bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja.

Meski bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja, ada tips menjadi longlife learner yang bisa dilakukan.

Tips Menjadi Longlife Learner yang Bisa Dilakukan dengan Mudah dan Menyenangkan

Untuk bisa melakukan longlife learning, simak tips menjadi longlife learner berikut ini:

1. Tentukan Tujuan

tips menjadi longlife learner

Tips menjadi longlife learner yang pertama adalah menentukan tujuan dari hal yang ingin kamu lakukan. Apakah longlife learning yang kamu lakukan adalah untuk pengembangan diri, pengembangan karir, atau sekadar menambah pengetahuan?

Menentukan tujuan dalam longlife learning itu merupakan hal yang penting. Sebab kita jadi mengetahui apa yang akan dipelajari, dari mana mendapatkan pembelajaran, hingga hasil akhir apa yang akan didapatkan.

2. Kenali Minat dan Ketertarikan dalam Diri

tips menjadi longlife learner

Sebagai seorang longlife learner, kamu juga harus bisa mengenali minat dan ketertarikan dalam diri yang kamu miliki. Langkah ini juga akan membantu untuk menentukan tujuanmu dalam melakukan longlife learning.

Selain itu, mengenali minat dan ketertarikan dalam diri juga akan membantu kita untuk melakukan longlife learning dengan lebih menyenangkan. Hal ini juga dapat dilakukan agar berbagai hal yang dipelajari jadi lebih berkesan untuk kita.

3. Mulailah dari Hal Kecil

tips menjadi longlife learner

Untuk menjadi seorang longlife learner, tidak perlu langsung melakukan sesuatu yang besar, seperti mengikuti seminar internasional dan sebagainya. Kamu bisa memulai dari hal-hal yang kecil.

Contohnya seperti membaca buku, menonton video di YouTube, atau melakukan project kecil yang bisa dilakukan di rumah. Setelah memulai dari hal-hal kecil ini, kamu bisa beralih ke hal yang lebih besar untuk mempelajari sesuatu.

Mengikuti kelas secara online maupun offline, mengikuti seminar, atau cara lain bisa dilakukan untuk upgrade pengetahuan yang sudah dimiliki sebelumnya.

Memulai untuk menjadi longlife learner dengan cara mulai dari hal kecil juga membantu kita untuk mengetahui alur yang tepat untuk mempelajari sesuatu. Dimulai dari hal-hal yang basic atau dasar, hingga ke hal yang lebih kompleks mengenai suatu hal baru.

Cara ini akan membantu kamu untuk tidak kehilangan arah saat mempelajari sesuatu dan menjadi longlife learner.

4. Cari Kegiatan yang Menyenangkan

tips menjadi longlife learner

Mempelajari sesuatu tentu akan lebih mudah dimengerti dan berkesan jika dilakukan dengan menyenangkan, bukan? Salah satu cara inilah yang bisa dilakukan sebagai tips menjadi longlife learner, yaitu mencari kegiatan yang menyenangkan.

Jika kamu sudah mengetahui apa minat dan ketertarikan diri mengenai apa yang akan dipelajari, maka mencari kegiatan yang menyenangkan adalah langkah berikutnya yang harus dilakukan.

Cari berbagai informasi mengenai kegiatan-kegiatan apa saja yang akan diadakan berkaitan dengan hal yang ingin dipelajari. Misalnya jika ingin belajar mengenai cara menulis yang baik, kamu bisa mencari kelas menulis yang menyenangkan.

Mengikuti berbagai kegiatan yang menyenangkan untuk belajar tentu akan membuat kegiatan belajar jadi lebih berkesan dan mudah diikuti.

5. Buat Daftar Kegiatan

Membuat daftar kegiatan yang ingin dilakukan juga menjadi salah satu tips menjadi longlife learner. Membuat daftar akan segala sesuatu membuat kegiatan yang akan dijalani jadi lebih teratur.

Seperti membuat daftar belanja sebelum berbelanja agar mengetahui apa saja yang akan dibeli, hal ini juga berlaku jika kamu akan menjadi seorang longlife learner.

Daftar kegiatan harus dibuat untuk menentukan apa saja yang akan dilakukan untuk mencapai longlife learning. Tidak hanya kegiatan apa saja yang mau dilakukan, daftar kegiatan ini juga berguna untuk mengatur timeline pembelajaran yang akan dilakukan.

Selain itu, membuat daftar kegiatan juga akan membantu menentukan apa saja kegiatan yang akan dilakukan, apakah kegiatan itu sesuai dengan tujuan? Apakah kegiatan tersebut menyenangkan? Apakah perlu dilakukan? Apakah kegiatan itu memberikan manfaat?

6. Tentukan Alat dan Media Pembelajaran

Menentukan alat dan media pembelajaran juga penting dalam tips menjadi longlife learner. Sebab, alat dan media pembelajaran ini dapat menunjang proses seseorang menjadi longlife learner.

Pastikan kamu memiliki alat-alat dan media pembelajaran yang diperlukan. Contohnya, laptop untuk mengikuti kelas online. Atau jika kamu tidak memiliki laptop untuk mengikuti kelas online dan ingin mengikuti kelas offline, pastikan kamu memiliki akses untuk mencapai tempat dilangsungkannya kelas offline.

Jika seseorang tidak memiliki alat dan media pembelajaran yang memadai untuk menjadi seorang longlife learner, hal ini nantinya bisa menghambat proses longlife learning.

7. Coba Berbagai Hal Baru

Mencoba berbagai hal baru adalah kunci utama dalam menjadi longlife learner. Dengan mencoba berbagai hal baru, maka kita akan mengetahui juga berbagai ilmu baru, hal baru yang menarik, bahkan mengenal orang-orang baru.

Selain itu, mencoba hal baru juga bisa menjadi cara lain untuk mengetahui minat dan ketertarikan dalam diri. Sebab mungkin saja hal baru yang dilakukan merupakan hal yang kita sukai.

Cara untuk bisa melakukan hal-hal baru adalah jangan takut untuk menghadapi sesuatu yang baru. Jangan takut untuk tidak bisa melakukan atau mempelajari hal baru. Kamu bisa memulainya dari hal kecil agar memiliki basic pengetahuan, ilmu, atau keterampilan.

8. Baca Berbagai Buku

tips menjadi longlife learner

Membaca berbagai buku adalah salah satu tips menjadi longlife learner yang dilakukan banyak orang. Tentu kita sudah tidak asing dengan peribahasa bahwa buku adalah jendela dunia.

Ini artinya, dengan membaca buku, kita bisa mendapatkan berbagai ilmu baru yang bermanfaat mengenai berbagai hal. Dari berbagai buku yang dibaca, kita juga bisa belajar berbagai hal yang sebelumnya tidak diketahui.